Minggu, 03 Mei 2015

Kepemimpinan Kepala Sekolah Yang Efektif




Kepala sekolah merupakan motor penggerak , penentu arah kebijakan sekolah, yang akan menentukan bagaimana  tujuan tujuan sekolah dan pendidikan pada umumnya direalisasikan. Kinerja kepemimpinan kepala sekolah dalam kaitannya dengan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) adalah segala upaya yang dilakukan dan hasil yang dapat dicapai oleh kepala sekolah dalam mengimplementasikan MBS di sekolahnya untuk mewujudkan tujuan pendidikan secara efektif dan efisien. Kepemimpinan kepala sekolah  efektif  berdasarkan kriteria sebagai berikut :
a.  Mampu memberdayakan guru guru untuk melaksanakan proses pembelajran dengan baik, lancar,dan produktif
b.      Dapat menyelesaikan tugas dan pekerjaan sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan.
c.      Mampu menjalin hubungan yang harmonis dengan masyarakat sehingga dapat melibatkan mereka secara aktif dalam rangka mewujudkan tujuan sekolah dan pendidikan
d.   Berhasil menerapkan prinsip kepemimpinan yang sesuai dengan tingkat kedewasaan guru dan pegawai lain di sekolah
e.       Bekerja dengan tim manajemen
f.       Berhasil mewujudkan tujuan sekolah secara produktif  sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan.

Pidarta(1988)  menetapkan tiga macam ketrampilan yang harus dimiliki oleh kepala sekolah untuk mensukseskan kepemimpinannya. Ketiga ketrampilan tersebut adalah ketrampilan konseptual(ketrampilan untuk memahami dan mengoperasikan organisasi), ketrampilan manusiawi (ketrampilan untuk bekerja sama, memotivasi dan memimpin), serta ketrampilan teknik(ketrampilan dalam menggunakan pengetahuan, metode, teknik, serta perlengkapan untuk menyelesaikan tugas tertentu.
Daftar Pustaka
Mulyasa, E. 2004. Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, Dan Implementasi.Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar