Kepala sekolah merupakan motor penggerak , penentu arah kebijakan
sekolah, yang akan menentukan bagaimana tujuan tujuan sekolah dan pendidikan pada
umumnya direalisasikan. Kinerja kepemimpinan kepala sekolah dalam kaitannya
dengan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) adalah segala upaya yang dilakukan dan
hasil yang dapat dicapai oleh kepala sekolah dalam mengimplementasikan MBS di
sekolahnya untuk mewujudkan tujuan pendidikan secara efektif dan efisien. Kepemimpinan
kepala sekolah efektif berdasarkan kriteria sebagai berikut :
a. Mampu memberdayakan guru guru untuk
melaksanakan proses pembelajran dengan baik, lancar,dan produktif
b. Dapat
menyelesaikan tugas dan pekerjaan sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan.
c. Mampu
menjalin hubungan yang harmonis dengan masyarakat sehingga dapat melibatkan
mereka secara aktif dalam rangka mewujudkan tujuan sekolah dan pendidikan
d. Berhasil
menerapkan prinsip kepemimpinan yang sesuai dengan tingkat kedewasaan guru dan
pegawai lain di sekolah
e.
Bekerja
dengan tim manajemen
f.
Berhasil
mewujudkan tujuan sekolah secara produktif sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan.
Pidarta(1988)
menetapkan tiga macam ketrampilan yang
harus dimiliki oleh kepala sekolah untuk mensukseskan kepemimpinannya. Ketiga ketrampilan
tersebut adalah ketrampilan konseptual(ketrampilan untuk memahami dan mengoperasikan
organisasi), ketrampilan manusiawi (ketrampilan untuk bekerja sama, memotivasi
dan memimpin), serta ketrampilan teknik(ketrampilan dalam menggunakan
pengetahuan, metode, teknik, serta perlengkapan untuk menyelesaikan tugas
tertentu.
Daftar Pustaka
Mulyasa,
E. 2004. Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, Dan Implementasi.Bandung
: PT. Remaja Rosdakarya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar